Senin, 26 Oktober 2009

Konsep - konsep Pemasaran

Konsep inti dari pemasaran

Berikut penjelasan mengenai konsep tersebut :

  1. Kebutuhan ( needs )

Kebutuhan adalah suatu keadaan merasa tidak memiliki kepuasan dasar atau rasa kehilangan sesuatu dalam diri seseorang yang merupakan perasaan yang sangat mendasar. Kebutuhan manusia (human needs) seperti makanan, pakakian, tempat berlindung, keamanan, hak milik dan harga diri tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar. Mereka merupakan hakikat biologis dan kondisi dari manusia.


  1. Keinginan ( wants )

Keinginan adalah hasrat akan penguasaan atas sesuatu yang dipengaruhi oleh kebudayaan atau kepribadian. Keinginan akan menjadi permintaan jika didukung dengan daya beli.


  1. Permintaan ( demand )

Permintaan adalah keinginan terhadap suatu produk yang diikuti dengan daya beli dan kesediaan untuk membeli.


  1. Produk

Produk adalah segala yang bisa ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, digunakan, atau dikonsumsi agar dapat memuaskan kebutuhan. Hal tersebut mencakup obyek fisik, orang, organisasi, ide dan lain-lain.


  1. Jasa

Jasa adalah aktivitas, pelayanan ( service ) atau manfaat yang ditawarkan untuk dijual dan secara esensial tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan atas apapun, seperti jasa perbankan, jasa penerbangan, hotel, konsultasi pajak, renovasi rumah, dan sebagainya.


  1. Pertukaran

Pertukaran adalah tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan.

Terdapat lima kondisi yang harus terpenuhi agar pertukaran dapat terjadi :

  1. Terdapat sedikitnya dua pihak

  2. Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang mungkin berharga bagi pihak lain

  3. Masing-masing pihak mampu berkomunikasi dan melakukan penyerahan

  4. Masing-masing pihak bebas menerima atau menolak tawaran pertukaran

  5. Masing-masing pihak meyakini bahwa berunding dengan pihak lain adalah layak dan bermanfaat.


  1. Transaksi

Transaksi adalah perdagangan nilai-nilai antara dua pihak atau lebih.


  1. Pemasaran Hubungan

Pemasaran hubungan (marketing relationship) adalah praktek membangun jangka panjang yang memuaskan dengan pihak-pihak kunci pelanggan, pemasok, dan penyalur. Guna mempertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang mereka. Hasil pemasaran hubungan yang utama adalah pengembangan pemasaran terdiri dari perusahaan yang disebut jaringan pemasaran.


  1. Jaringan Pemasaran

Jaringan pemasaran terdiri dari perusahaan dan semua pihak-pihak pendukung yang berkepentingan. Prinsip operasinya sederhana yaitu bangunlah jaringan yang baik dengan pihak-pihak kunci yang berkepentingan dan keuntungan pun akan mengelir.


  1. Pasar

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan calon pembeli. Pasar terdiri dari semua pelanggan yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.


  1. Pemasar

Pemasar adalah seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran nilai (value).


  1. Calon Pembeli

Calon pembeli adalah seseorang yang diidentifikasikan oleh pemasar sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam pertukaran.



Perbedaan Penjualan dengan Pemasaran


Penjualan

Pemasaran

Falsafah

Menjual apa yang bisa dibuat

Membuat apa yang bisa dijual

Titik Awal

Pabrik

Pasar sasaran

Pusat Perhatian

Produk

Kebutuhan konsumen

Sasaran

Menjual dan Promosi

Pemasaran terkoordinir

Tujuan

Keuntungan melalui volume penjualan

Keuntungan melalui kepuasan konsumen

Personalia

Penjual dan Tenaga Promosi

Semua personalia


Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.






Tugas dari Manajemen Pemasaran adalah :

  • Mempengaruhi tingkat

  • Mengatur waktu, serta

  • Mengatur komposisi permintaan untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan.


Manajemen Pemasaran juga disebut sebagai Manajemen Permintaan karena bertugas mengatur tingkat permintaan pasar.

Macam-macam tingkat permintaan pasar :

  1. Permintaan Negatif : Sebuah pasar berada dalam permintaan negatif jika sebagian besar pasar tidak menyukai produk tertentu dan bahkan bersedia mengeluarkan uang untuk menghindarinya.

Tugas pemasaran adalah mengenalisa mengapa pasar tidak menyukai produk tersebut dan apakah program pemasaran yang terdiri dari perancangan ulang produk, harga yang lebih rendah dan promosi yang lebih baik dapat mengubah keyakinan dan perilaku pasar.


  1. Permintaan nol / tidak ada permintaan : Konsumen sasaran mungkin tidak sadar atau tidak tertarik pada produk tertentu.

Tugas pemasaran adalah menemukan cara untuk menghubungkan manfaat produk yang bersangkutan dengan kebutuhan dan minat alami seseorang.


  1. Permintaan Laten : Banyak konsumen yang memiliki kebutuhan yang kuat yang tidak dapat dipuaskan oleh produk yang sudah ada.

Tugas pemasaran adalah mengukur ukuran pasar potensial dan mengembangkan barang dan jasa yang dapat memuaskan permintaan tersebut.


  1. Permintaan Menurun : Cepat atau lambat, setiap organisasi akan menghadapi permintaan yang menurun pada satu atau lebih produknya.

Tugas pemasaran adalah membalik arah penurunan permintaan melalui pemasaran ulang yang kreatif.

  1. Permintaan Tidak Teratur : Banyak perusahaan menghadapi permintaan yang banyak berubah-ubah secara musiman, harian atau bahkan setiap jam sehingga menimbulkan masalah kelebihan atau kekurangan kapasitas.

Tugas pemasaran adalah membuat synchromarketing yaitu membuat jalan untuk mengubah pola permintaan yang sama melalui penetapan harga yang fleksibel, promosi dan intensif lainnya.


  1. Permintaan Penuh : Organisasi menghadapi tingkat permintaan penuh jika mereka merasa puas dengan volume bisnis mereka.

Tugas pemasaran adalah mempertahankan tingkatpermintaan saat ini di tengah perubahan preferansi konsumen dan peningkatan persaingan.

  1. Permintaan Berlebihan : Beberapa organisasi menghadapi tingkat permintaan lebih tinggi dari pada yang dapat atau ingin mereka layani.

Tugas pemasaran adalah demarketing (bertujuan untuk mencari jalan guna mengurangi permintaan yang bersangkutan untuk sementara waktu dan seterusnya), general demarketing (umumnya berusaha mengurangi keseluruhna permintaan dan terdiri dari langkah-langkah seperti peningkatan harga serta pengurangan promosi dan pelayanan) dan selective demarketing (meliputi usaha untuk mengurangi permintaan yang berasal dari bagian pasar yang kurang menguntungkan atau kurang membutuhkan produk yang bersangkutan). Sasaran demarketing bukanlah untuk merusak permintaan melainkan hanya mengurangi tingkat permintaan, untuk sementara waktu atau selamanya.


  1. Permintaan Tak Bermanfaat : Produk tak bermanfaat akan mengundang usaha yang terorganisir untuk mengurangi konsumsinya.

Tugas pemasaran adalah merangkul orang-orang yang menyukai produk-produk tersebut agar menghentikannya, dengan menggunakan peralatan seperti pesan yang menakut-nakuti, peningkatan harga dan pengurangan produknya.


Jenjang kebutuhan manusia (maslow)






































Perencanaan Strategi Membuat dan Melaksanakan Rencana Pemasaran


Strategi manajemen pemasaran bertujuan untuk menghasilkan laba dan pertumbuhan jangka panjang. Oleh karena itu, suatu pengambilan keputusan strategis (strategies decision) membutuhkan komitmen atas sumber daya secara jangka panjang.



Mentukan misi perusahaan

Penentuan misi perusahaan sangat berpengaruh pada alokasi sumber daya, rentabilitas dan kelanggengan hidup perusahaan dalam jangka panjang. Misi perusahaan didasarkan pada analisis yang cermat tentang manfaat yang diinginkan oleh pelanggan dan analisis terhadap kondisi lingkungan yang ada serta antisipasi ke depan. Visi jangka panjang perusahaan, yang terkandung didalam misi perusahaan adalah menetapkan batasan-batasan bagi seluruh keputusan, tujuan dan strategi yang diambil kemudian.

Misi perusahaan yang didefinisikan terlalu sempit akan terkena dampak negatif dari kegiatan yang bersifat dangkal (marketing myopia), yaitu dimana bisnis didefinisikan dari segi produk dan jasa dan bukannya dari segi manfaat yang diinginkan konsumen. Dalam konteksi ini, myopia berarti pemikiran yang sempit dan bersifat jangka pendek.


Menentukan sasaran rencana pemasaran

Sebelum rincian pemasaran dapat dibuat, tujuan dan sasaran rencana tersebut harus telah ditetqapkan. Tanpa sasaran, tidak akan ada dasar untuk pengukuran keberhasilan suatu kegiatan rencana pemasaran. Suatu sasaran pemasaran adalah sebuah pernyataan dari apa yang harus diperoleh melalui kegiatan pemasaran. Agar berguna, penetapan sasaran harus memenuhi beberapa kriteria. Pertama, sasaran harus realistis, dapat diukur dan berjangka waktu tertentu. Kedua, sasaran harus konsisten dan mengindikasikan prioritas organisasi. Secara spesifik, sasaran dari pernyataan misi bisnis hingga ke bagian akhir dari perencanaan pemasaran.









Lingkungan Pemasaran


Lingkungan pemasaran terdiri dari lingkungan Mikro dan lingkungan Makro.

Lingkungan Mikro terdiri dari berbagai kekuatan yang dekat dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya melayani pelanggannya perusahaan pemasok, perusahaan saluran pemasaran, pasar pelanggan, pesaing dan masyarakat.

Lingkungan Makro terdiri dari kekuatan masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi seluruh lingkungan mikro,demogarfi,ekonomi,alam,politik, dan budaya.


Perusahaan

Dalam merancang rencana pemasaran, manajemen pemasaran memperhitungkan kelompok-kelompok lain diperusahaan-perusahaan kelompok sepertti, manajemen puncak, keuangan , riset, dan mengembangkan pembelian manu faktur dan akutansi.


Pemasok

Pemasok merupakan mata rantai yang penting dalam system penyampaian nilai-nilai kepada seluruh pelanggan perusahaan pemasok yang menyediakan yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.


Perantara pemasaran

Perantara pemasaran membantu mempromosikan, menjual dan mendistribusikan barang kepembeli akhir.dan penjuala perantara adalah perusahaan saluran distribusi yang membantu perusahaan menemukan pelanggan/ melakukan penjualan kepada mereka.


Perusahaan distribusi

Perusahaan untuk menimbun pesanan dan memindahkan barang dari tempat asal ketempat tujuan.


Agen Jasa Pemasaran

Perusahaan riset, pemasaran. Agen perikalanan perusahaan media, perusahaan konsultasi pemasaran yang membantu perusahaan membidik dan mempromosikan produknya ke pasar yang tepat.


Perantara keuangan

Meliputi bank, perusahaan kredit, perusahaan asuransi dan perusahaaan yang mendanai transaksi atau mengasuransikan resiko yang berkaitan dengan pembelian dan penjualan barang.


Pelanggan

Ada lima tipe dasar pelanggan yaitu:

  • Pasar pelanggan

  • Pasar bisnis

  • Pasar perantara

  • Pasar pemerintah

  • Pasar internasional


Pesaing

Konsep pemasaran agar sukses memberikan nilai/kepuasan kepada pelanggan yang lebih besar dibanding para pesaing.





Masyarakat

Masyarakat adalah kelompok yang mempunyai kepentingan actual dan potensial terhadap atau berakibat pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuan.


Lingkungan Makro Perusahaaan


Lingkungan demogarfi

Demografi adalah telah mengenai populasi manusia dalam arti jumlah, kepadatan, lokasi, umur, jenis kelamin, jenis pekerjaan dan angka statistika lainnya.


Peningkatan Keberagaman

Susunan etnis dan ras diberbagai Negara sangat berbeda-beda.


Lingkungan Ekonomi

Lingkungan ekonomi terdiri dari factor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pengeluaran konsumen sejumlah Negara berprekonomian subsistem sekedar bertahan hidup. Mereka berkonsumsi seluruh output pertanian dan industrinya.


Perubahan pendapatan

Selama tahun 1980-an beberapa menyebutnya “kegemparan delapan puluhan” pelanggan amerika terjerat dalam keadaan konsumsi yang berlebihan, didorong oleh kenaikan pendapatan, penurunan pajak pemerintah, kenaiakan nilai perumahan yang cepat dan peningkatan pinjaman yang pesat.


Perubahan Pola Belanja Pelanggan

Pelanggan pada tingkatan pendapatan yang berbeda memiliki pola belanja yang berbeda.


Lingkungan Alamiah

Lingkungan Alamiah menyangkut sumberdaya alami yang diperlukan sebagai input bagi pemasar atau yang dipengaruhi oleh aktivitas pemasaran.


Lingkungan Teknologi

Teknologi telah meluncurkan hal yang diluar dugaan seperti antibiotic, transplantasi organ tubuh, computer netbook dan internet.


Lingkungan Politik

Lingkungan politik terdiri dari perundang-undangan, badan pemerintah dan kelompok berpengaruh yang mempengaruhi dan membatasi berbagai organisasi dan individu di masyarakat tertentu.


Undang-undang Pengaturan Bisnis

Peraturan perundang-undangan bisnis telah di tetapkan karena beberapa alasan. Yang pertama untuk melindungi perusahaan-perusahaan satu sama laian, tujuan kedua untuk melindungi konsumen, dari praktek bisnis yang tak wajar, tujuan ketiga melindungi kepentingan masyarakat terhadap prilaku bisnis yang tak terkendali.


Meningkatnya Penekana pada Etika dan Tanggung jawab secara Sosial


Lingkungan Budaya

Lingkungan budaya terdiri dari institusi dan kelompok lain yang mempengaruhi nilai dasar, preferensi, dan prilaku masyarakat.karakteristik budya dibawah ini dapat mempengaruhi pembuatan keputusan pemasaran.

  • Keteguhan pada nilai budaya

  • Pergeseran nilai budaya

  • Cara pandang orang terhadap dirinya

  • Pandangan orang terhadap oranglain

  • Pandangan orang terhadap organisasi

  • Pandangan orang terhadap masyarakat

  • Pandangan orang terhadap alam

  • Pandangan orang terhadap dunia


Menanggapi Lingkungan Pemasaran

Ada tiga macam perusahaan yaitu perusahaan yang membuat sesuatu terjadi, perusahaan yang mengawasi sesuatu terjadi, dan perusahaan yang bertanya-tanya apa yang terjadi. Banyak perusahaan melihat lingkungan pemasaran sebagi elemen yang tak dapat dikendalikan sehingga mereka hanya dapat menyesuaikan diri.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar